Translate

select languages

Tuesday 14 February 2017

Arduino

Arduino adalah sebuah microcontroller yang dapat menjalankan dan mengendalikan alat elektronik. Arduino sendiri sangat sering digunakan untuk membuat sebuah robot dan alat bantu.

Arduino ini memiliki beberapa macam dan memiliki kelebihanya masing-masing. meski memiliki kelebihanya masing-masing namun tetap fungsi utama arduino adalah untuk pengendalian suatu alat atau modul.

Jadi arduino ini dapat membantu dan mempermudahkan kita dalam pengendalian. nah untuk pemograman arduino sendiri adalah bahasa C. Dalam pemogramanya juga cukup simple dan mudah dipelajari. Dengan begitu arduino ini sangat di gemari bahkan di kalangan anak-anak.

Ini merupakan penampakan Arduino jenis UNO R3. Untuk para pemula arduino ini sangat cocok belajar karena harganya yang murah dan bentuknya yang praktis.

Arduino ini memiliki 13 pin digital, pin digital ini digunakan untuk mengontrol secara digital. Lalu pada arduino ini memiliki 6 pin analog in, berbeda dengan pin digital, pin ini berfungsi sebagai kontrol input yang akan memberi nilai analog/digital.

Pada pin digital terdapat pin PWM, sebenarnya saya sendiri juga lupa apa kepanjangannya. nah fungsi dari PWM ini sebgai kontrol tegangan, jadi dengan pin PWM ini kalian bisa atur tegangan sesuka hati dengan rumus sebagai berikut :
1 V = 55 
jadi kalau kita ingin menyetingnya di 5v maka diberi nilai 255.

Arduino adalah alat yang berguna sebagai otak, tapi pada arduino uno kurang memuaskan dan pin pada arduino itu hanya sedikit, berbeda dengan arduino mega yang jelas memiliki pin yang lebih banyak lagi dan arduino mega memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan arduino uno.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment